Efektivitas Reklame sebagai Media Promosi Luar Ruangan

Reklame merupakan salah satu media promosi yang biasa dipakai di luar ruangan. Papan reklame hadir untuk memberikan informasi suatu barang atau jasa yang menarik untuk banyak orang. Melalui sarana ini, orang akan lebih mengenal informasi yang akan disampaikan oleh pihak tertentu sehingga muncullah minat untuk mengetahui lebih jauh. Meskipun iklan digital sudah banyak dipakai saat ini, tapi banyak orang pula yang masih kurang sensitif terhadap iklan digital.

Biasanya orang akan lebih sering menutup dan menekan tombol skip yang muncul saat menggunakan smartphone maupun perangkat lainnya. Hal ini tentu berbeda dari reklame. Media promosi yang dikenal dengan istilah baliho atau billboard ini merupakan media yang masuk kategori “Out of Home” (OOH). Dengan begitu, maka media ini terbukti masih cukup efektif untuk mencapai target audiens terutama penggunaan media pemasaran.

Dikutip dari lummoshop.co.id, orang yang melihat iklan dalam papan baliho akan memiliki kecenderungan untuk melihat pesan informasi tidak hanya sekali, tetapi beberapa kali. Menurut riset dari Nilsen, setidaknya kurang lebih 50 persen di antaranya akan mengingat pesan marketing tersebut. Hal ini membuat reklame menjadi sarana marketing yang efektif untuk mencapai target.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi efektivitas dari reklame. Salah satunya lokasi pemasangan. Berikut penejelasannya:

Efektivitas Billboard dalam Pemasaran

Setiap media iklan memiliki efektivitas dan cara yang terbaik untuk memberikan aspek positif dan beberapa keunggulan reklame lainnya. Berbagai jenis iklan ini memiliki cangkupan dan bertujuan untuk menjangkau masyarakat secara luas. Namun, umumnya reklame akan dipajang selama kurang lebih dua hingga tiga bulan.

Selanjunya adalah lokasi pemasangan. Faktor ini mempengaruhi iklan agar lebih efektif. Semakin ramai lokasi, maka akan semakin besar pula efektivitas dari desain dan konsep yang menarik. Dengan begitu akan menarik perhatian audiens lebih mudah. Efektivitas ini dapat kamu lihat dari beberapa contoh yang terjadi.

Misalnya fenomena artis yang menggunakan papan reklame dan cukup viral di media sosial. Salah satunya Jerome Polin yang mengirimkan pesan kepada orang tua di Indonesia melalui billboard yang terpasang di Surabaya dan Jakarta. Adapula Deddy Corbuzier yang pernah melakukan promosi iklan berisi Channel Youtubenya menggunakan baliho.

Beberapa contoh tersebut menampilkan tingkat efektivitas reklame sebagai media promosi yang tepat. Dengan reklame, kamu dapat meraih keuntungan dari bisnis yang kamu iklankan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *