Temukan bagaimana analisis audiens merevolusi efektivitas zona merek dan meningkatkan pengalaman di dalam toko melalui solusi signage digital yang inovatif.
Apa yang dimaksud dengan zona merek?
Zona merek adalah area khusus di dalam toko yang memamerkan produk atau layanan merek tertentu. Ini adalah strategi pemasaran yang digunakan merek untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang unik dan mendalam bagi pelanggan mereka. Di zona merek, produk diatur untuk menyoroti identitas, nilai, dan gaya merek. Ini adalah kesempatan bagi merek untuk menceritakan kisahnya dan terhubung dengan audiens targetnya. Zona merek yang dijalankan dengan baik dapat menciptakan kesan abadi pada pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek.

Seperti apa zona merek terlihat
Zona merek di toko dapat memiliki banyak bentuk, tergantung pada tujuan dan tata letak merek. Desainnya dapat bervariasi dari yang minimalis hingga yang rumit, yang secara dramatis meningkatkan pengalaman pelanggan melalui desain yang kreatif. Misalnya, area pengalaman bertema yang mencerminkan esensi merek, stasiun kustomisasi, dan zona edukasi menyediakan demonstrasi dan lokakarya langsung untuk melibatkan dan memberi informasi kepada pembeli.
Zona merek Nike
Sebagai contoh, zona merek Nike menampilkan layar LED besar yang menampilkan konten terkait olahraga, lapangan basket, dan treadmill bagi pelanggan untuk menguji produk mereka.
Zona merek Samsung
Contoh lainnya adalah zona merek Samsung, yang memamerkan produk teknologi terbaru Samsung dengan cara yang interaktif dan imersif, sehingga pelanggan dapat mencoba produk dan mempelajari fitur-fiturnya.
Zona merek Lancome
Lancome, sebuah merek kosmetik Prancis, meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menggunakan teknologi digital di zona mereknya. Ini termasuk dinding video di mal dan gondola dengan layar sentuh interaktif yang didukung oleh perangkat lunak DISPL. Inisiatif ini meningkatkan keterlibatan pelanggan dan penjualan. Selain itu, analisis audiens DISPL menyediakan data demografis pelanggan yang sesuai dengan GDPR, membantu Lancôme mengoptimalkan tata letak toko dan strategi pemasaran untuk meningkatkan efektivitas. Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di sini.
Tantangan untuk merek
Seperti alat pemasaran lainnya, zona merek memiliki kekurangan.
Mengukur efektivitas
Mungkin sulit untuk menentukan berapa banyak orang yang melihat zona merek, berapa banyak yang terpengaruh olehnya, dan berapa banyak yang akhirnya melakukan pembelian karenanya. Tanpa informasi ini, sulit bagi merek untuk menghitung laba atas investasi (ROI) dan menentukan efektivitas upaya pemasaran mereka.
Mengapa penjualan tidak meningkat?
Tantangan lainnya adalah menentukan mengapa penjualan mungkin tetap sama, bahkan dengan adanya zona merek. Ada kemungkinan bahwa pelanggan tidak melihat zona merek atau melihatnya tetapi tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Bagaimana analisis audiens membantu mengatasi kesulitan
Untungnya, ada solusi yang tersedia untuk membantu mengatasi kesulitan yang disebutkan di atas: analisis audiens offline. Alat ini dapat digunakan untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan. Dalam paragraf berikut, kita akan membahas beberapa cara di mana analitik audiens offline dapat digunakan untuk memahami keefektifan zona merek dan mendorong penjualan.
Menganalisis profil audiens
Dengan memanfaatkan analisis audiens inovatif DISPL di zona merek, merek dapat mengenali usia dan jenis kelamin audiens offline di toko tertentu, sehingga memungkinkan mereka untuk mempersonalisasi zona merek agar lebih beresonansi dengan audiens lokal. Atau, misalkan zona merek menarik audiens yang berbeda dari yang diharapkan. Dalam hal ini, merek dapat menggunakan data ini untuk mempertimbangkan mengubah konsep zona merek agar sesuai dengan karakteristik demografis audiens yang sebenarnya.

Menganalisis profil audiens
Teknologi analisis audiens yang digunakan di zona merek juga dapat memberikan wawasan berharga tentang tingkat keterlibatan, termasuk waktu yang dihabiskan pengunjung di zona merek. Data ini dapat membantu merek dan peritel menyimpulkan efektivitas zona merek dalam menangkap dan mempertahankan minat pelanggan, yang pada akhirnya memengaruhi keputusan pembelian dan mendorong konversi.
Mengoptimalkan saluran penjualan
Solusi analisis audiens dapat melacak jumlah orang yang lewat, jumlah yang mengunjungi zona merek, dan jumlah yang menunjukkan minat. Dengan menggabungkan data ini dengan informasi penjualan dapat memberikan pandangan yang komprehensif tentang corong konversi penuh.
